Resolving Students' Fluctuation in Blogging strategi scheduling strategy 30 15 7 3 1

By miftachudin arjuna - June 22, 2015

masalah fluktuasi mood dalam menulis dalam blog adalah salah satu hal yang menjadi masalsah penelitian dan hasil dari wawancara saya dalam penelitian berjudul 'students' perspective of the use of blogs in language learning' fokus membahasa mengenai challenges and benefits blog in language learning. di bagian summary menyebutkan bahwa butuh strategy mengatasi mood fluktuatif tersebut.

pagi ini kebetulan ketemu mbak Fikri yang ternyata juga seorang blogger yang punya keluhan yang sama yaitu kadang menulis kadang tidak dan saaat saya tanya berata 1 tahun menulis jawabannya 3 kali setahun selebihnya bentuk draft yang bisa dilanjutkan kapan-kapan. dia memenuhi sebagian diary yang isinya gado-gado mulai dari hidup, hobi, dan sosial. termasuk saya juga persialan tersebut.

berangkat dari hal tersebut salah satu strategy yang saya uji coba adalah strategi 'scheduling' yaitu mengatur otomasi publikasi tulisan di blog dalam jangka waktu tertentu. contohnya uji coba yang saya lalukan dalam jangka waktu 1 minggu. artinya tulisan saya akan muncul pada setiap hari senin jam 3 secara otomatis.

di bulan-bulan tertentu kita moodnya bagus sehingga menulis banyak tetapi sebaliknya 2 bulan berikutnya sedang patah hati atau sibuk ujian padahal kita mau blog kita tetap aktif dan teratur menu publikasi tulisan. maka solusinya adalah di saat kita semangat dan menulis banyak maka tulisan itu jangan dipublikasikan semuanya. aturlah supaya tulisan tersebut muncul secara otomatis sesuai jeda waktu yang anda inginkan. caranya adalah sebagai gerikut.
1. Mausk ke menu postin
2. publikasi
3. atur tanggal
4. done
5. publikasi

bayangkan jika anda menulis 12 artikel kemudian setelah otomatisnya perminggu maka blog anda akan berjalan otomatis selama 3 bulan walaupun anda sedang sibuk trabeling, ujian, ataupun sedang pengen malas saja. saat bulan-bulan berikutnya anda semangat dan punya tulisan banyakm maka tinggal melanjutkan tehnik 'scheduluing' yang sedang kita bahasa ini dan akan terus berjalan otomatis di bulan-bulan berikutnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments